Mengakhiri Ramadhan, Zakat Fitrah dan Syiar Idul Fitri

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, insyaallah kita akan segera berIdul Fitri. Di akhir Ramadhan ini marilah kita bermuhasabah tentang amal yang kita lakukan di bulan yang mulia ini, tentang puasa kita , tentang tarawih kita, tentang tilawah kita, baca quran kita dan amalan-amalan lainnya, dan berharap semoga diterima disisi Allah SWT. Hendaklah kita merenungi sabda Rasululllah SAW: “Betapa banyak orang yang berpuasa, tidak mendapatkan dari puasanya kecuali hanya rasa lapar. Dan betapa banyak orang yang shalat malam, tapi tidak mendapatkan dari shalatnya kecuali hanya begadang” (H.R. Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Marilah kita berusaha untuk tetap istiqamah dan bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan-bulan lainnya. Jika di bulan Ramadhan kita berpuasa, shalat berjamaah di Masjid, shalat tarawih, tilawah, tadarus alquran, maka di bulan-bulan lain jangan sampai ibadah-ibadah tersebut kita tinggalkan, justru harus lebih kita tingkatkan lagi. Syawal adalah bulan peningkatan amal ibadah kita, mari kita sambung dengan puasa enam hari di bulan ini setelah kita beridul fitri.

Mengeluarkan zakat fitrah dengan ikhlas dan tepat waktu. Inilah kesempatan emas bagi kita untuk menebus kelalaian-kelalaian kita saat kita berpuasa di hari-hari sebelumnya, sekaligus sarana berbagi kebahagiaan di Hari Raya Idul Fitri. Kemudian meningkatkan syiar Idul Fitri, bukan hanya sekedar menjaga tradisi, karena hari raya Idul Fitri adalah salah satu syiar dalam agama Islam maka sudah sepatutnya kita sambut dengan kegembiraan dan mengagungkannya.

Akhirnya saya atas nama pribadi dan segenap tim “Ayo Belajar Ngaji” mengucapkan:

“Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqobbalallahu minna wa minkum”

Semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah kita dan mempertemukan kita kembali dengan bulan Ramadhan yang tercinta. Aamiin

One thought on “Mengakhiri Ramadhan, Zakat Fitrah dan Syiar Idul Fitri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *